Nomor Urut Partai 2009

Hari ini Rabu (9/7) Nomor Urut PARPOL peserta pemilu 2009 resmi diumumkan oleh KPU (KOmisi Pemilihan Umum) di Jakarta. Dari sekitar 34 PARPOL yang lulus verifikasi oleh KPU beberapa diantaranya adalah PARPOL baru yang notabene belum kita kenal, walaupun didalamnya mungkin terdapat beberapa tokoh yang tak asing lagi bagi kita. Seperti pendiri sekaligus ketua umum Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) H. Wiranto S.H (Capres dari Partai Golkar),dan PNBK yang di ketuai oleh Erros Djarot dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lama dengan PARPOL baru yang menghiasi Pemilu 2009 nanti. Selain itu ada yang menarik dalam pengumuman resmi KPU yaitu terdapat PARPOL lokal dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam salah satunya adalah PKNU (Partai Kebangkitan Nasional Ulama), selain itu masih ada 5 PARPOL lainnya yang berasal dari Provinsi tersebut. Berikut ini adalah nomor urut resmi PARPOL yang akan mengikuti PEMILU 2009:

1. Partai Hati Nurani Rakyat
2. Partai Karya Peduli Bangsa
3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia
4. Partai Peduli Rakyat Nasional.
5. Partai Gerakan Indonesia Raya
6. Partai Barisan Nasional
7. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia
8. Partai Keadilan Sejahtera
9. Partai Amanat Nasional
10. Partai Perjuangan Indonesia Baru
11. Partai Kedaulatan
12. Partai Persatuan Daerah
13. Partai Kebangkitan Bangsa
14. Partai Pemuda Indonesia
15. Partai Nasional Indonesia Marhaenisme
16. Partai Demokrasi Pembaruan
17. Partai Karya Perjuangan
18. Partai Matahari Bangsa
19 Partai Penegak Demokrasi Indonesia
20. Partai Demokrasi Kebangsaan
21. Partai Republika Nusantara
22. Partai Pelopor
23. Partai Golongan Karya
24. Partai Persatuan Pembangunan
25. Partai Damai Sejahtera
26. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia
27. Partai Bulan Bintang
28. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
29. Partai Bintang Reformasi
30. Partai Patriot
31. Partai Demokrat
32. Partai Kasih Demokrasi Indonesia
33. Partai Indonesia Sejahtera
34. Partai Kebangkitan Nasional Ulama.

Jika dilihat banyak sekali Partai baru (dengan wajah-wajah lama) yang akan berebut simpati rakyat dengan mengiming-imingkan janji perubahan lebih baik. Tak kurang dari 18 Partai baru yang akan bersaing dengan 16 Partai lama dalam Pemilu 2009 nanti. Rakyat seolah dibuat pusing dengan kehadiran Partai-Partai baru yang bisa dibilang hanya berganti baju tapi tidak berganti orang. Semoga saja rakyat dapat belajar dari kesalahan masa lalu dengan tidak memiih Partai yang jelas-jelas tidak berpihak kepada mereka. Setidaknya mereka dapat kritis dan selektif dalam memilih, karena pilihan rakyat adalah ciri kemajuan bangsa ini dalam berdemokrasi. Pilihan ada ditangan anda, gunakan hak anda sebagai warga negara yang baik dalam Pemilu nanti.

Nb : Pilih dan tunjukkan keinginan anda untuk kemajuan bangsa ini, sudah cukup bangsa ini terpuruk….. Wahai para calon pembela aspirasi kami…. dengar dan tunjukkan kepada kami perubahan yang lebih baik untuk kami dan bangsa ini. Kami sudah lelah salah memilih, tunjukkan kepada kami jika kami memang benar memilih.