Bikin sendiri blog-mu….

Lagi sepi di mabes iseng-iseng cari hostingan gratis + domain gratis (hari gini gratis), eh gak taunya ketemu domain gratis co.cc tambah seneng lagi dapet hostingan gratis di 000webhost. Eksperimen-pun dimulai saat itu juga (gak deh makan dulu laper + ngopi +ngrokok), iseng-iseng ini saya lakukan karena ya emang lagi nganggur aja ha ha ha. Langkah pertama adalah nyruput kopi (alah), nyedot rokok (alah kliru). Yang jelas langkah pertama ya daftar (boso keren e sign up), pastikan anda sudah terdaftar dalam domain dan hostingan tersebut. Langkah selanjutnya terserah anda (weks)..Langkah selanjutnya adalah manage domain co.cc dengan cara mengisi dns 000webhost agar terhubung antara domain dengan hosting kita seperti gambar berikut (untuk informasi bisa juga diisi dengan domain kita yang lain dengan cara URL forwarding)

Untuk name server (DNS) diisi seperti berikut :

1. Name server : ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com

2. Dah itu doang apalagi (tunggu untuk konfirmasi account anda).

3. Sruput kopi + sedot rokok (ah mantabs)

Langkah selanjutnya adalah berpindah ke hostingan kita di 000webhost, Isikan nama domain yang telah dibuat tadi, tampak seperti pada gambar dibawah ini, dalam hal ini ayas gae domain co.cc, boleh menggunakan domain gratis lain (omonganku wes koyo kera ngalam ae).

Untuk pengisian pertama adalah nama domain, kemudian password admin. Untuk domain lain belum dicoba, gak tau jadinya bisa apa nggak. Setelah itu pastikan status account anda telah aktif, hal ini digunakan untuk masuk ke CPanel dari hosting. Biasanya untuk aktif account menunggu konfirmasi account dari domain co.cc, kurang lebih 48 jam (eh mbuh deh wong ra tau nunggoni) ya pokoknya kira-kira segitu deh kurang lebih. Sambil nunggu account kita aktif bisa sambil nonton tv, download, browsing, chating, ps an dan lain-lain. Setelah account anda aktif, masuk ke CPanel dan mulai untuk membuat blog anda sendiri. Untuk mempermudah (khususnya bagi pemula/ newbie) sebaiknya gunakan fasilitas Fantastico Autoinstaller (tinggal klik, tunggu…..(jo suwe-suwe ndelokine, rabun engko) ta da, jadi deh. Gampang banget, apalagi gak usah setting-settingan segala untuk fasilitas autoinstaller disediakan bermacam-macam sevice yang bisa digunakan antara lain WordPress, b2evolution, Joomla, Drupal, phpWebsite, phpBB, SMF (Simple Machine Forum) dan Coppermine. Karena judulnya Bikin sendiri blog-mu maka saya memakai engine script WordPress, alasannya karena banyak sekali yang menggunakannya sebagai blog (lagi ngetrend ker!!). Baik untuk install WordPress gampang aja tinggal klik New Installation, trus install di domain apa dan di derektory mana (untuk install di root, biarkan kosong).

Kira-kira tampilan untuk install adalah seperti itu, isikan dengan nama domaim (biasanya akan lansung muncul default) selanjutnya pilih di install di directory mana (default kosong brarti di root. Kemudian isikan dengan user untuk admin access dan password untuk masuk ke admin page jika installasi berhasil (kadang gagal soale). Untuk konfirmasi biasanya kita menunggu kira-kira 2 menit, untuk installasi WordPress lebih cepat (btw iki ket mau nunggu tok prasaan, kopi wes meh entek rokok wes entek 3 sek ngenteni maneh). Jika installasi berhasil klik back to autoinstallation, dan muncul view Installation Details. Dimana di dalamnya terdapat link admin area dan user name password. Sampai sini installasi berhasil dan Blog kita siap digunakan (bisa diganti css atau ditambahi plugin atau ganti template pokoknya yang gak bisa dilakuin di WordPress free, bisa dilakukan disini. Dan yang lebih menguntungkannya lagi hostingan ini bisa diakses dari ftp client tanpa harus masuk ke CPanel. Oke selamat ber BLOGING ria. AND jangan lupa mampir ke BLOG ayas KLIK DI SINI untuk mengunjunginya. HA HA HA

Perhatian : Selama menulis posting ini telah habis lalapan ayam sebungkus, secangkir kopi, 3 batang rokok dan 50 Mega donlotan (lagu n tutorial) –> iki mergane kakean ngenteni