Hasil “quick count” (hitung cepat) Pilkada Jatim 2008

Tidak terasa Pilkada Jawa Timur sudah selesai hari ini, untuk hasil resmi masih menunggu perhitungan dari kpud Jatim. Untuk “quick count” atau perhitungan cepat lembaga-lembaga survey, hasilnya pasangan nomor urut lima Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) unggul 26,29 % (Lingkaran Survei Indonesia), 27,03 % (Lembaga Survei Independen pimpinan Syaiful Mujani ) untuk perhitungan cepat kompas kerjasama dengan SCTV terakhir 25.5089 %. Jika perhitungan cepat ini mendekati hasil sebenarnya, maka dapat dipastikan warga Jawa Timur akan mengadakan Pemilihan putaran kedua, karena menurut undang-undang 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah pasal 107 ayat 4 yang berbunyi

Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak terpenuhi, atau tidak ada yang mencapai 30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah, dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua”.

Jika benar-benar terjadi maka dapat dipastikan dana untuk Pilkada Jatim ini akan bertambah, untuk putaran pertama saja diperkirakan tidak kurang dari 500 M rupiah. Tapi demi demokrasi yang menerapkan pemilu langsung ini, saya dukung walaupun itu menelan biaya yang tidak sedikit dan sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik menghargai hasil ini baik kalah maupun menang (jika didalamnya benar-benar tidak ada kecurangan). Tapi memang pasangan Karsa ini bagus dalam menyebarkan visi dan misi mereka, dalam dunia maya saja tidak kurang dari Friendster, Facebook, KarsaOnline, Komunikarsa dan masih banyak lagi, dijadikan ajang promosi dan kampanye. Rupanya pasangan ini memiliki trik khusus tersendiri dalam memperkenalkan diri mereka kepada para peselancar dunia maya. Dan tidak disangka ternyata pasangan ini memiliki komunitas pecinta Karsa yang telah ada sejak tahun 2005. Saya terus terang salut kepada pasangan ini atas kerja keras mereka maupun tim suksesnya. Dan akhirnya saya hanya bisa menitipkan sedikit pesan kepada bakal calon Gubernur Jatim yang baru “BUAT RAKYAT JAWA TIMUR BANGGA KARENA TELAH MEMILIH ANDA, JANGAN KHIANATI MEREKA” Sekedar informasi berikut adalah gambar dari bakal calon gubernur Jatim (Karsa)

Enom-enomane

Nb: Gambar-gambar ini bukan semata-mata di tampilkan untuk mendukung pasangan Karsa, tapi hanya agar anda mengenal wajah calon Gubernur Jawa Timur.

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa Jawa, untuk melihat klik disini