Tips naik PATAS murah…

Buat iseng aja bikin tulisan tentang bus jurusan Surabaya-Malang. Dikarenakan saya sering bolak-balik Surabaya-Malang dan banyak tips menarik yang mungkin berguna bagi anda sekalian. Baik disini saya akan membagikan sedikit tips naik bus jurusan Surabaya dari Malang ato sebaliknya. Tipsnya adalah cara menaiki Patas Surabaya-Malang dengan hanya Rp. 10.000,- saja. Ini merupakan pengalaman saya saja dan ada kemungkinan tidak berhasil, dan saya juga kadang tidak berhasil pada P.O tertentu (mungkin dikarenakan kebijakan P.O bus itu sendiri yang begitu ketat kepada para pegawainya di lapangan).Trik ini sudah saya praktekan sendiri pada P.O Menggala, P.O Kalisari, P.O Hafana dan saya berhasil naik PATAS dengan hanya Rp.10.000,-. Biasanya saya berangkat malam hari diatas jam 8 malam (terkadang sore hari) ato subuh jika dari Surabaya (belum pernah berangkat subuh dari malang). Jika anda berada di terminal Malang pastikan anda mengetahui kondektur dari bus tersebut. Biasanya kondektur bus Patas mengenakan seragam yang bertuliskan nama P.O bus tersebut (walaupun ada yang tidak berseragam). Nah pada saat anda akan menaiki bus tersebut, maka usahakan bernegosiasi dengan kondektur bus. Tawar menawar diusahakan sebelum bus berangkat (jangan saat bus sudah berjalan), langsung bilang ke kondektur bus 10.000. Kata yang biasa saya gunakan adalah “10 ribu ya pak?” (jika anda beruntung maka kondektur akan langsung meng-iyakan) dan langsung bayar di tempat. Tapi jika anda kurang beruntung sebaiknya bersabar dengan duduk2 di ruang tunggu. Biasanya kondektur akan menghampiri anda untuk negosiasi ulang (trik ini berhasil jika sepi penumpang). Nah bagaimana jika rame penumpang….Pernah saya menawar ketika bus sudah hampir penuh, dan waktu itu habis magrib. Saya mencoba menawar dan kondektur tidak meng-iyakan, tapi saya tidak putus asa. Duduk2 di ruang tunggu sebentar sambil menghisap rokok adalah cara terbaik (menurut saya), saat bus sudah hampir penuh dan siap akan berangkat biasanya kondektur akan menawarkan untuk terakhir kali (pastikan itu kondektur bukan calo). Nah menurut pengalaman saya, orang akan menunggu bus PATAS selanjutnya daripada duduk di belakang (mencari kenyamanan). Pada saat itu kondektur biasanya akan meng-iyakan tawaran 10.000 daripada kosong. Trik lain adalah jika anda berangkat malam hari ada baiknya anda juga naik di pertigaan lampu merah (dibawah fly over),dan saya pernah mencoba trik ini (karena kepepet soalnya, turun di pertigaan lama nunggu yang ekonomi). Pada saat bus PATAS datang, kondektur akan membuka pintu depan dan biasanya turun (klo tidak turun bisa dipastikan anda akan dikenakan tarif biasa), pada saat turun cobalah bertanya 10.000 klo iya anda beruntung. Kondektur yang tidak turun tidak mungkin berteriak 10.000 karena akan mempengaruhi penumpang lain. Jika dari terminal Bungurasih malah lebih mudah karena biasanya Bus Patas sepi penumpang (jika pada situasi sehari-hari), nah cobalah menawar dengan kondektur di bawah. Kalau tidak berhasil tunggulah PATAS selanjutnya (jaraknya agak lama, dan sebaiknya anda tidak menunggu jika terburu-buru). Trik ini kemudian saya tanyakan kepada kondektur bus PATAS ketika saya dalam perjalanan ke Surabaya belum lama ini. Berikut kurang lebih perbincangan saya, “Pak emang boleh ya pasang tarif 10.000?”, yah klo dibilang boleh ya gak boleh tapi gimana kita juga butuh duit, kalo cuma dari karcis dapetnya dikit belum dibagi supir. “Klo ketahuan gimana pak?” ah itu sudah resiko tapi biasanya klo malam gak ada pemeriksaan, klo ada bilang aja kenalan sopir ato apalah pintar-pintar aja ngomong, biasanya klo gak bisa ya lagi apes bakal urusan sama orang pull. Hmm gitu to pak!!! (semua perbincangan dalam bahasa jawa, disini saya artikan walaupun banyak perbincangan sebelumnya sebagai pembuka alias basa basi tidak saya tulis). YA begitulah sedikit pengalaman saya semoga bermanfaat….daripada naik Ekonomi cuma beda 2000 perak belum ada tukang lewat (yang anget-yang anget, tahu-tahu, aqua dingin yan haus 500) beghh klo pas gak macet sih gak masalah, la pas macet di porong udah debu bau lumpur tukang lewat wah lengkap pnderitaaan. Baik segini saja dari saya, jika ada efek negatif dari trik ini jangan salahan saya sebagai penulis, resiko ditanggung sendiri-sendiri. Saya hanya berbagi sedikit trik dari pengalaman saya, keberhasilan tergantung dari niat dan kemampuan anda sendiri-sendiri.

Terima kasih.

Iklan